Wednesday, May 24, 2017

Cara Mudah Memindahkan Dapodik Paudni Terbaru Ke Laptop Lain Tanpa Registrasi Ulang Dan Download Prefill


Dapodik Paudni - Sebagai operator dapodik paudni dalam menggunakan perangkat komputer memang harus jeli mengingat beban pekerjaan yang tidak hanya sebatas input data saja. Ditambah lagi saat pekerjaan berhubungan dengan internet membutuhkan kejelian yang super.

Hal ini berkaitan dengan banyaknya iklan serta link yang membingungkan mana yang harus diklik dan mana yang tidak kadang membuat operator salah klik dan membuka peluang besar virus malware masuk ke perangkat komputer tanpa disadari.

Masuknya virus malware serta berbagai macam sampah sistem menumpuk membuat perangkat kita menjadi lemot dan kadang malah membuat perangkat harus diinstall ulang.

Nah...jika sudah begitu pastinya kita harus mengamankan data sebelum perangkat komputer diservis.

Sebenarnya data yang sudah dikerjakan sebelumnya setelah disinkronkan tidak perlu lagi backup data namun di musim pendataan kadang registrasi ulang membutuhkan waktu yang tidak sebentar bahkan selalu gagal.

Oke untuk mengatasi hal tersebut kita bisa melakukan tindakan pengamanan data sendiri tanpa perlu memanggil teman operator lain yang belum tentu juga bisa kita minta bantuannya.


Cara mudah dan cepat mengamankan data dapodik paudni dan memindahkannya ke laptop yang baru

Matikan database (DB) Dapodik Paudni
1. Masuk ke windows explorer (start menu >> klik kanan >> explore)
2. Klik kanan Computer/My Computer/This PC >> Pilih Manage



3. Kita akan diarahkan ke Computer Management, selanjutnya Klik Services and Application >> Klik 2x Services >> Cari DapodikpaudniDB





4. Klik Kanan DapodikpaudniDB >> Pilih Stop

5. Klik Kanan DapodikpaudniWebSrv >> Pilih Stop (boleh dilakukan boleh tidak, tapi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan sebaiknya dilakukan)

6. Selanjutnya masuk ke Windows Explorer >> Local Disk C >> Program Files >> Dapodik Paudni

7 Cari folder dengan nama DATABASE, copy folder tersebut lalu pindahkan ke flashdisk

Sampai pada tahap ini kita telah mengamankan semua data dari dapodik pada Laptop lama, kemudian kita akan melanjutkan ke tahap berikutnya.

Cara memasukkan data dapodik di laptop lama ke laptop baru

1. Pastikan laptop yang baru sudah terinstall aplikasi Dapodik Paudni

2. Lakukan langkah yang telah dilakukan di laptop lama ke laptop baru dari poin 1 sampai dengan poin 6

3. Bila service telah dimatikan semua dan sudah masuk ke Folder DapoPaudni sekarang yang harus kita lakukan adalah copy database yang sudah dimasukkan ke flasdisk ke folder dapopaudni

4. Replace saja bila ada konfirmasi.






5. Langkah akhir adalah menyalakan kedua service yang telah dimatikan tadi lalu melakukan restart laptop.

Sampai disini seharusnya aplikasi dapodik paudni di laptop yang baru sudah berjalan dengan normal dan dapat login dengan baik tanpa perlu registrasi kembali.

Bila ada kendala silahkan berkirim pesan pada Fanspage Kami DISINI