Monday, September 24, 2018

Penyebab Sinkronisasi Dapodik PAUD Offline Terbaru Gagal Proses


Dapodik PAUD Terbaru, Penyebab Sinkronisasi Dapodik PAUD Offline Terbaru Gagal Proses - Salam Satu Data Operator Dapodik PAUD yang tanpa lelah mengerjakan data. Sinkronisasi adalah proses pengiriman data Dapodik dari lokal komputer ke server pusat melalui jalur online.



Berdasarkan pemahaman tersebut bisa kita simpulkan beberapa hal yang menyebabkan proses sinkronisasi Dapodik PAUD kita mengalami kegagalan dan bagaimana cara mengatasinya

  1. Jaringan Internet yang kita pakai tidak stabil. Langkah yang harus kita lakukan adalah menggunakan jaringan internet atau wifi yang terpercaya lebih stabil. Hindari menggunakan hotspot dari perangkat smartphone bagi operator yang berada di daerah susah sinyal.
  2. Server Dapodik PAUD Down. Langkah yang harus kita lakukan adalah mencoba sinkronisasi di lain waktu. Tidak disarankan mencoba sinkron Dapodik terus menerus dalam sekali jalan. Untuk menghindari adanya data menumpuk yang menyebabkan data kita malah menumpuk yang akhirnya data tidak bisa segera diproses server.
  3. Laptop Dapodik PAUD Bermasalah. Langkah yang harus kita lakukan adalah mencoba membersihkan sampah yang ada di laptop kita. Caranya bisa dilihat DISINI. Apabila sudah dilakukan pembersihan sistem namun tidak bisa sinkron sementara teman Operator Dapodik sekolah lain bisa sinkron, bisa dimungkinkan kalau Laptop Dapodik PAUD yang kita gunakan benar-benar rusak. Silahkan menghubungi servis komputer terdekat, biasanya dilakukan tindakan install ulang.
Sebenarnya ada banyak sekali masalah yang menjadi penyebab kegagalan proses sinkronisasi Dapodik PAUD, namun masalah yang paling banyak muncul adalah tiga masalah diatas.

Selamat mengerjakan, salam satu data.