Saturday, March 10, 2018

Setelah Registrasi Dapodik PAUD Terbaru Data Tidak Lengkap, Kenapa Ya ?


Dapodik PAUD Terbaru, Mengatasi Data Dapodik Tidak Lengkap Bahkan Hilang Setelah Registrasi - Sebagai operator PAUD yang bertanggung jawab mengerjakan data dengan segala kekurangan yang ada tentu saja masalah kehilangan data setelah registrasi menjadi masalah yang cukup serius.

Pertama kali yang bisa dilakukan hanya bingung dan bingung kok bisa hal ini terjadi.

Sebelum menjawab masalah tersebut mari kita kupas sebentar mengenai apa sebenarnya aplikasi dapodik itu.

Dapodik PAUD Adalah

Aplikasi Dapodik PAUD adalah sebuah aplikasi yang diperuntukkan untuk jenjang PAUD yang mana berfungsi sebagai alat untuk mempercepat pelaporan keadaan sekolah ke pemerintah pusat menggunakan sinkronisasi data.

Dengan melakukan sinkronisasi Dapodik PAUD tentu saja proses pengiriman data dan pencocokan data akan terjadi namun harus melalui beberapa syarat yang harus dipenuhi seperti "tidak adanya data yang invalid atau merah"

Sinkronisasi Dapodik Adalah

Sinkronisasi Dapodik adalah sebuah proses pengiriman data lokal ke data server dapodik setelah melalui proses validasi untuk menghindari kesalahan data yang dikirimkan.

Apabila kita melakukan sinkronisasi maka data yang kita kirimkan ke server pusat dapodik akan tersimpan.

Efeknya akan terasa apabila ada perubahan data semisal NISN murid ataupun akreditasi akan masuk secara otomatis saat kita melakukan sinkronisasi di lain waktu.

Pada saat kita melakukan registrasi dapodik pun sebenarnya aplikasi dapodik yang kita kerjakan membaca data yang dulu kita kirimkan ke server pusat. Kalau jaman dulu sebelum ada registrasi online operator diharuskan mendownload prefill dapodik namanya.

Bagaimana cara mengatasi data tidak lengkap atau bahkan hilang setelah registrasi Dapodik PAUD Terbaru?

Sebenarnya sudah terjawab pada bagian Sinkronisasi Dapodik diatas, namun perlu kami tekankan lagi.

Saat melakukan registrasi aplikasi dapodik yang kita kerjakan membaca file yang telah kita kirimkan ke server pusat dapodik lewat sinkronisasi.

Jadi apabila kita melakukan registrasi namun tidak melakukan atau setelah kita melakukan sinkronisasi namun ada perubahan dan tidak kita sinkronkan kembali otomatis data terakhir yang akan disimpan oleh server lalu dikirimkan kembali saat kita registrasi

Selain faktor tersebut bisa disebabkan karena saat mengunduh aplikasi kemungkinan tidak lengkap sesuai dengan ukuran sebenarnya.

Atau bisa juga terjadi gagal jaringan internet saat melakukan registrasi.