Thursday, August 23, 2018

Dapodik PAUD 2019, Apa Yang Harus Dipersiapkan?


DAPODIK PAUD TERBARU, Apa Yang Harus Dipersiapkan Untuk Masa Pendataan Di Dapodik 2019 ? - Mengacu pada Dapodikdasmen yang telah rilis versi 2019, biasanya tidak lama lagi Dapodik Paud versi terbaru juga akan rilis. Yang pasti aplikasi pendataan tersebut akan mengalami banyak peningkatan.

Lantas apakah yang harus dipersiapkan ?


Berikut ini mungkin bisa dijadikan acuan untuk persiapan pendataan.

Persiapkan Akte Dan Kartu Keluarga (KK) Peserta Didik

Mengapa dua dokumen ini harus lengkap untuk pengisian data peserta didik di dapodik paud?

Seperti yang kita tahu bahwa semakin hari dapodik makin ditingkatkan, terlebih lagi ada aturan yang menyatakan bahwa NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) diberikan sejak peserta didik berada di jenjang PAUD.

Dengan ketepatan data yang diinputkan di Dapodik PAUD, apabila peserta didik naik ke jenjang yang lebih tinggi datanya tidak akan berubah-ubah sejak pertama kali dimasukkan.


Persiapkan Data KPS/KIS Peserta Didik

Tidak semua wali murid bisa digolongkan ke dalam keluarga yang mampu. Jadi apabila peserta didik mempunyai kartu-kartu sejenis ini bisa segera diinputkan ke dalam Dapodik PAUD sehingga datanya bisa segera terekam.

Kedepannya peserta didik akan bisa mendapatkan bantuan yang sesuai.


Persiapkan Laptop Dapodik

Ini adalah hal yang terpenting dari sekian banyak persiapan pendataan yang dilakukan.

Usahakan untuk melakukan install ulang windows sebelum memulai install Dapodik Terbaru ke dalam laptop.

Mengapa?

Setelah digunakan pada masa pendataan sebelumnya, pasti akan terdapat banyak sampah sistem. Tidak mungkin juga laptop dapodik hanya digunakan untuk keperluan dapodik saja.

Dengan dilakukannya install ulang pada laptop Dapodik PAUD, kondisi performa dari laptop akan kembali prima dan bisa digunakan untuk mengolah data dengan lebih baik dari sebelumnya.

Laptop Dapodik Biar Lancar Apa Yang Harus Dipenuhi?

Seiring dengan pembaharuan pada Dapodik terlihat ada kesamaan baik Dapodikdasmen maupun Dapodik PAUD.

Yang harus dipenuhi agar laptop Dapodik PAUD bisa lancar digunakan untuk mengolah data pendidikan adalah memenuhi spesifikasi minimal (minimal requirement) yaitu :

  • Disarankan untuk menggunakan Laptop dengan processor core i3
  • RAM 4Gb
  • Untuk Hardisk disesuaikan saja mengingat jaman sekarang tidak ada hardisk dengan kapasitas yang kecil
Sangat tidak disarankan menggunakan laptop dibawah spesifikasi diatas, terlebih menggunakan notebook.

Notebook cenderung memiliki spesifikasi rendah, ditambah lagi dengan ukuran layar yang kecil sehingga sangat tidak nyaman untuk melakukan penginputan data.

Bila anda kepala sekolah atau yang berwenang utuk mengayomi sekolah tempat anda bekerja, jangan tanggung-tanggung membekali Operator Dapodik PAUD dengan laptop yang mumpuni.