Thursday, December 7, 2017

Cara Menyusun Standar Operasional PAUD Yang Mudah Dan Tepat


DAPODIK PAUD, Cara Menyusun Standar Operasional PAUD Yang Mudah Dan Tepat - Demi membantu pelaksanaan Kurikulum 2013 Terbaru PAUD dibuatlah pedoman yang bisa menjadi acuan pengembangan serta pelaksanaann yang dilengkapi dengan contoh-contoh yang nyata. Maka dibuatlah sebuah Buku Pedoman yang telah distandarisasi oleh pemerintah.

Dalam Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini terdapat  16 sikap yang diharapkan menjadi kompetensi anak, yakni (1) memercayai adanya Tuhan, (2) menghargai diri sendiri, orang lain, dan lingkungan, (3) berperilaku hidup sehat, (4) memiliki sikap ingin tahu, (5) kreatif, (6) estetis, (7) percaya diri, (8) disiplin, (9) sabar, (10) mandiri, (11) peduli, (12) toleran, (13) jujur, (14) bertanggung jawab, (15) menyesuaikan diri, (16) rendah hati dan santun.

Untuk lebih memudahkan guru dalam menyusun Standar Operasional Prosedur Tingkat PAUD akan lebih tepat jika menggunakan Pedoman Penyusunan ini yang telah disusun secara sederhana, menarik, ramah, dan aplikatif agar dapat dipahami dan dilaksanakan oleh seluruh tenaga pendidik dan kependidikan PAUD yang kondisi dan potensinya beragam, serta dapat dijadikan rujukan sesuai dengan kajian-kajian yang melandasinya.


Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi guru PAUD.